PABRIK TAHU DI KELAPA 3 KECAMATAN JAGAKARSA


A. Gambaran Umum UKM

Berikut ini merupakan hasil dari wawancara penulis dengan suatu Usaha Kecil Menengah (UKM) Pabrik Tahu, yang berlokasi di Kelapa 3, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pabrik tersebut didirikan sekitar tahun 2004 atau 10 tahun silam. Kapasitas pabrik tersebut adalah 100 Papan per hari atau 8000 tahu yang dihasilkan dalam sehari (1 papan = 80 tahu). Bahan baku yang digunakan adalah kedelai impor yang mana dalam sehari mampu menghabiskan 120 Kg.

Jpeg

Omset keuntungan yang didapatkan oleh pabrik tersebut berasal dari penjualan tahu sendiri dan ampas tahu sebagai sisa dari hasil produksi. Dalam sehari ampas tahu yang dihasilkan sebanyak 20 Kg dengan keuntungan Rp 3000 per Kg nya. Keuntungan bersih yang diperoleh dari hasil penjualan tahu adalah Rp 250 per tahu.

Sehingga omset keuntungan total dalam sehari adalah:
8.000 Tahu x Rp 150,- = Rp 1.200.000,- (Belum termasuk pengeluaran Over Head lainnya)
20 Kg Ampas Tahu x Rp 3.000,- = Rp 60.000,-
Total keuntungan kotor perhari adalah Rp 1.260.000,-

 

B. Proses Produksi Pembuatan Tahu

Dalam sekali proses membutuhkan kedelai sebanyak 6 Kg, yang akan menghasilkan 5 Papan atau 400 tahu. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan tahu:

– Pertama-tama 6 Kg kedelai di rendam di dalam baskom yang berisi air bersih selama 5 Menit hingga kulit kedelai mengelupas.

Jpeg

– Setelah itu masukan kedelai yang telah bersih kedalam mesin penggiling. Giling kedelai tersebut hingga menjadi aci kira-kira setelah 5 menit proses penggilingan.

Jpeg

– Rebus air hingga mendidih, yang mana air tersebut di kira-kira cukup untuk menuang aci hasil penggilingan 6 Kg kedelai. Kemudian rebus aci tadi kedalam air mendidih selama 10 menit.

Jpeg

– Aduk rebusan kedelai tadi dengan menggunakan kayu pengeduk. Kemudian tambahkan biang tahu kedalam rebusan tersebut. Aduk terus hingga kedelai tepisah dari airnya, apabila belum terpisah, maka tambahkan biang tahu nya.

Jpeg

– Setelah terpisah, langkah selanjutnya adalah menyaring aci kedelai yang sedang di rebus dengan menggunakan alat saring.

Jpeg

– Setelah disaring, masukan hasil saringan tadi kedalam cetakan papan-papan tahu. Setelah itu diamkan selama 60 Menit hingga cetakan tahu tadi menjadi gempal atau keras dan tidak lembek.

Jpeg

– Kemudian lakukan pemotongan pada tahu yang masih berada di dalam papan menjadi 80 tahu.

Jpeg

– Kemudian lakukanlah perendaman tahu tersebut kedalam air garam, Dan setelah itu tahu siap untuk di goreng.

Jpeg

This we are🙂

Jpeg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s